Tuesday, November 26, 2013

Jeritan hati malaikat-malaikat penolong yang tak pernah takut borgol dan penjara


Saudaraku, beritahukanlah kepada kami para dokter, haruskah kami para dokter menolong orang yang tergeletak tak berdaya dipasar, dijalan, di mall ? Sedangkan kami tak punya izin praktek dipasar, dijalan, dan di mall-mall ?. Dan kami bukan malaikat ataupun Tuhan yang mampu menyembuhkan manusia. Orang-orang tak bilang terima kasih jika kami berhasil menolong mereka dari bahaya, tapi akan memenjarakan kami jika kami tak bisa menolong mereka (padahal angka harapan hidup mereka memang rendah)

Saudaraku, beritahukanlah kepada kami para dokter, apakah menolong orang menurut hukum itu salah ? Salahkan sumpah kami yang mengharuskan sumpah kami yang begitu menghargai pentingnya kehidupan.

Disaat kami menghadapi pasien dengan angka harapan hidupnya 25% jika dioperasi dan akan mati bila tidak dioperasi. Maka kami akan tetap melakukan operasi, bukan karena uang, tapi karena kami begitu menghormati kehidupan. Apakah itu salah wahai para saudaraku ?

Saudaraku, pikirkanlah betapa banyak yang akan hilang andai semua kasus gawat yang angka harapan hidupnya rendah tak kami tolong, maka pikirkanlah berapa banyak nyawa pasien gawat darurat yang hilang sia-sia karena tidak mendapat pertolongan ?

Sama halnya dengan sejawat kami dr. Dewa ayu sasiary prawani,Sp.OG , dr.Henry Simanjuntak,Sp.OG , dan dr.Hendi Siagian,Sp.OG yang menolong pasien gawat janin yang apabila tidak dioperasi (sesar emergensi) akan meninggal (baik ibu maupun bayi dalam rahimnya) tapi apabila dioperasi masih mempunyai harapan hidup (baik ibu maupun bayi dalam rahimnya). Saudaraku bila anda menjadi dokter apakah yang akan kalian lakukan Membiarkan pasien mati begitu saja ataukah tetap melakukan operasi ? Tanpa perlu takut borgol dan penjara.


Wahai saudaraku apakah tindakan tersebut menurut hukum salah ? Berapa kira-kira nyawa yang akan mati sia-sia bila ketiga sejawat tersebut diatas mencari aman dan takut penjara ?

#SolidaritasDokterMakassarMenggugat

 Foto: tolak kriminalisasi terhadap dokter indonesia !!!#pitahitamfoto 1 : aksi solidaritas seluruh dokter makassar di kejaksaan agung makassar sulawesi selatan, TOLAK KRIMINALISASI TERHADAP DOKTER INDONESIA !!!
foto 2 : sebelum aksi , HIDUP DOKTER INDONESIA !!!!!

No comments:

Post a Comment